Spirit 100 Tahun Kebangkitan Nasional

|

Tidak terasa telah 100 tahun kebangkitan nasional berlalu. Dimulai dari tahun 1908 atau dimasa berdirinya organisasi massa pertama diIndonesia, Boedi Utomo, pergerakan kebangkitan nasional kita dimulai. Namun tahun 2008 ini, ketika telah seabad berlalu timbul pertanyaan. “Apa yang telah kita lakukan selama selang waktu tersebut?” Momen kebangkitan nasional memang sering kita peringati, pada tanggal 20 mei setiap tahunnya. Namun, banyak diantara kita belum bisa menyadari sudahkah kita benar-benar bisa menjadikan momen tersebut sebagai pembuktian untuk dapat mewujudkan Indonesia yang bangkit dari keterpurukan multidimensi, lalu disatu sisi, sadarkah kita bahwa kebangkitan nasional juga berperan sebagai dasar pemikiran untuk memperbaharui Negara kita kedepan, dan memajukan Negara kita ini.

Kebangkitan Nasional juga merupakan saat dimana kita, bangsa Indonesia berpikir kembali terhadap hal-hal yang telah lalu, atau mengevaluasi kembali perjuangan bangsa Indonesia dalam selang waktu tersebut.100 tahun mengarungi hidup sebagai suatu Negara Kesatuan bukanlah hal yang mudah. Banyak Hambatan dan masalah yang terus berdatangan, Masalah KKN, Perselisihan antar Etnik Budaya, hinga masalah yang bersifat internasional. Dan telah menjadi sebuah rahasia umum, generasi muda Indonesia kita telah kehilangan identitas kebangsaan, sehingganya penting bagi kita di hari kebangkitan nasional ini mengambil kembali identitas kita sebagai orang Indonesia.

Tahun ini,tahun lalu atau mungkin tahun-tahun berikutnya. Peringatan Kebangkitan Nasional hanyaakan sebatas sebuah peringatan hari nasional biasa, oleh karena itu bisakah kita menjadikan hari kebangkitan nasional ini sebagai salah satu dasar pemikiran untuk maju.Setidaknya menjadikannya sebagai salah satu momen untuk megevaluasi diri kita agar lebih baikdari yang sebelumnya. Peringatan, hari ini tidak lah hanya pada tanggal 20 mei saja, namun untuk bangkit selalu kita harus selalu menanamkan spirit itu dalam diri setiap saat, sehingganya Hari Kebangkitan Nasional kita tidak hanya pada satu hari,namun setip waktu kita dalam beraktifitas.

Spirit ini tentunya akan menjadi sebuah umpan balik bagi kita semua untuk maju.memajukan Negara kita tercinta. Spirit Nasionalisme Indonesia.

By: Valendton

1 komentar:

welcome mengatakan...

Kami juara.....(Insya Allah)