Data Statistik IT Indonesia

|

Sulit sekali mencari data tentang IT di Indonesia! Ada tiga mahasiswa saya yang mencari data tentang beberapa hal yang terkait dengan IT di Indonesia, ternyata sulit. Kemudian mereka mencoba mencari data di perusahaan, yang ini terkait dengan data tentang masalah keamanan, ternyata juga sulit. Di luar negeri ada IDC, perusahaan yang spesialis tentang data IT. Apa lagi ya? Ada banyak kok. Mereka secara berkala menerbitkan data (statistik) tentang berbagai aspek IT. Misalnya, mereka memiliki data mengenai skala budget IT security di berbagai segmen industri. Atau, mereka memiliki statistik mengenai platform server yang digunakan di perusahaan. Masih banyak data lainnya.

Sayangnya di Indonesia belum ada. Eh, sudah ada ding.

Sebetulnya sudah banyak ide (dan bahkan sudah dijalankan) tentang perusahaan atau lembaga yang melakukan survey IT di Indonesia, tapi sayangnya sampai saat ini belum ada yang terealisasi. Kalaupun ada, datanya juga dimiliki sendiri tidak diberikan ke publik. Aduh … Memang soal ketersedian data ini repot sekali di Indonesia. Data mengenai Indonesia lebih banyak tersedia di (perpustakaan) luar negeri.

Nah, bagaimana dengan mahasiswa saya? Mereka terpaksa menggunakan data statistik yang ada di luar negeri, yang tentu saja tidak akan sama persis dengan kondisi di Indonesia. Beberapa “perbaikan” harus dilakukan (dengan asumsi tertentu). Apa boleh buat, the show must go on. Apa sekolah harus mandheg gara-gara tidak ada data?

By: Google

0 komentar: